Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Barang TIKI
Sektor jasa sangatlah menjadi salah satu sector yang sedang diminati pada saat ini dibawa setiap tahun sector ini mengalami peningkatan. Salah satu yang termasukdalam sector jasa adalah yaitu jasa pengiriman barang atau Expedisi. Di era sekarang buka hanya banyak bermunculan e-commerce dan peningkatan belanja masyarakat yang lebih dominan untuk melakukan kegiatan belanja melalui media online seperti, instagram, melalui aplikasi-aplikasi yang menyediakan lahan bagi penjual maupun pembeli. Peran sector jasa pengiriman barang saat ini sangat penting karena kegiatan pengiriman barang yang dilakukan pada pembelian online sangat membutuhkan bantuan jasa pengiriman barang untuk mengantarkan barang yang sudah dipesan dan sampai kepada konsumen.
Melihat banyaknya jasa pengiriman barang yang ada di Indonesia membuat para pelaku bisnis perlu menentukan jasa pengiriman yang tepat digunakan.Dengan melakukan survey terhadap jasa pengiriman yang akan digunakan penting dilakukan dan untuk mengetahui kredibilitas jasa pengiman yang ada. Selain itu, pelayanan yang professional, kecepatan pengiriman, biaya pengiriman, kemudahan dalam menggunakan jasa, serta asuransi atau perijinan pengiriman yang ditawarkan menjadi faktor yang harus dipertimbangkan dalam menggunakan jasa pengiriman barang. Salah satu jasa pengiriman barang yang sering digunakan oleh masyarakat adalah “TIKI” merupakan jasa pengiriman barang yang sudah lama berdiri di Indonesia dan merupakan salah satu jasa pengiriman terbaik yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga secara simultan dan parsial terhadap kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna jasa pengiriman barang Tiki dengan sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel non-probability sampling berbentuk purposive sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modelling) dengan menggunakan software smartPLS versi 3.2. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan, fasilitas dan harga terhadap kepuasan pelanggan Tiki. Dari 3 variabel yang telah disebutkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X1) dengan nilai koefisien sebesar 0.985 tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y), sementara pada variabel Fasilitas (X2) mempunyai nilai koefisien sebesar 3.629 dan Harga (X3) yang mempunyai nilai koefisien sebesar 2.926 berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelaggan (Y).
SKR20/182 | SKR 20/182 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain