Text
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Underpricing Pada Perushaan Sektor Non Keuangan Saat IPO Tercatat di BEI Periode 2015-2018
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor- faktor yang mempengaruhi terjadinya underpricing. Faktor – faktor tersebut adalah reputasi underwriter, return on asset, debt equity ratio, dan ukuran perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015 – 2018. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu pemilihan sampel dengan kriteria tertentu, sehingga di dapat dalam penelitian sebanyak 57 perusahaan. Metode analisis menggunkan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reputasi underwriter, return on asset dan debt to equity ratio berpengaruh secara signifikan terhadap underpricing, sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap underpricing. Secara simultan diperoleh hasil reputasi underwriter, return on asset, debt equity to asset dan ukuran perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap underpricing.
SKR20/198 | SKR 20/198 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain