Final_Project
Analisis Margin Pemasaran Pedagang Pengecer Ayam Potong di PD Pasar Jaya Pasar Minggu
Penelitian ini mengenai margin pemasaran pedagang pengecer ayam potong di PD Pasar Jaya Pasar Minggu. Tujuan penelitian mengidentifikasi saluran pemasaran ayam potong di PD Pasar Jaya Pasar Minggu, menganalisis margin pemasaran pedagang pengecer ayam potong di PD Pasar Jaya Pasar Minggu,dan rekomendasi manajemen saluran pemasaran ayam potong. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis margin pemasaran, dan analisis efisiensi pemasaran. Berdasarkan penelitian terdapat empat pola saluran pemasaran dan lima lembaga pemasaran. Lembaga pemasaran yaitu peternak, broker, pedagang pengumpul, pedagang besar dan pedagang pengecer. Saluran pemasaran ayam potong yang paling efisien adalah Saluran 1 pada ayam buras potong. Peternak melakukan pendistribusian langsung kepada pedagang pengecer. Saluran 1 memiliki margin pemasaran terendah sebesar Rp 16000. Nilai farmer’s share tertinggi sebesar 78%, artinya peternak menerima harga 78% dari harga yang dibayarkan konsumen. Biaya pemasaran dalam saluran 1 paling kecil yaitu sebesar Rp 943. Kriteria efisiensi pemasaran apabila nilainya kurang dari 5%, maka saluran 1 adalah yang paling efisien karena nilainya terendah sebesar 1%. Fluktuasi harga ayam dipengaruhi oleh suplay demand yang dikenadalikan moment tertentu. Rekomendasi manajemen yang efektif untuk menentukan saluran pemasaran yang efektif dan efisien adalah penetapan margin pada produk mentah, sehingga kemerataan secara adil dari margin antar saluran pemasaran. Fluktuasi harga ayam di peternak dapat diatasi dengan penentuan periode pembesaran ayam disesuaikan data mengenai permintaan pada moment tertentu
AGB 20/016 | Referensi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain