Text
Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis ular tangga materi selatan sumber energi Kelas IV SDN Pengadegan 07 Jakarta Selatan
Permasalahan yang diangkat berdasarkan minimnya media pembelajaran, sehingga guru dituntut untuk kreatif dalam memilih media pembelajaran yang tepat bagi siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis ular tangga guna mengoptimalkan mata pelajaran IPA tema 9 “Kayanya Negeriku” pada materi “Sumber Energi” siswa kelas IV di SDN Pengadegan 07 Jakarta Selatan. Metode penelitian mengadaptasi pada model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Penelitian menggunakan enam langkah sebagai berikut : (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) revisi produk. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa : angket ahli materi dan angket ahli media. Hasil validasi dari semua validator menunjukan penilaian sangat baik yaitu dari validator pertama ahli materi (V1) dengan presentase skor 97,3% (sangat baik) dan validator kedua ahli materi (V2) dengan presentase skor 89% (sangat baik). Sedangkan validasi dari validator pertama ahli media (V1) dengan presentase 90,58% (sangat baik) dan validator kedua ahli media (V2) dengan presentase skor 87% (sangat baik).
PGSD21/006 | PGSD 21/006 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain