Text
Pengaruh Faktor Internal Terhadap Keputusan Pembelian Pertamax di SPBU Pertamina COCO 31.127.01 Kemang Jakarta Selatan
Persepsi konsumen terhadap tuntutan kebutuhan layanan pengisian bahan bakar kendaraan
sangat beragam. Beberapa faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam menentukan
penggunaan jenis bahan bakar kendaraan diantaranya kualitas layanan, citra produk atau merek,
lokasi dan evaluasi dari mulut ke mulut (word of mouth) yang mana jika beberapa faktor diatas
dapat terpenuhi, maka konsumen akan merasa puas jika layanan yang diberikan SPBU Pertamina
COCO 31.127.01 Kemang, Jakarta Selatan melebihi harapan konsumen. Faktor-faktor yang
dapat mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Pertamax diungkap secara komperhensif
dengan persamaan struktural menggunakan Structural Equation Modeling-Partical Least Square
(SEM-PLS). Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan menggunakan kuesioner yang
disebar kepada 100 sampel yang berdomisili di DKI Jakarta. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik purposive Sampling. Dengan menggunakan software SmartPLS versi 3.0.
Tahapan perhitungan PLS menggunakan 2 model yaitu Pengukuran Model (Outer Model) dan
Pengujian Model (Inner Model). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Lokasi (X3) tidak
mempengaruhi keputusan pembelian (Y) Pertamax di SPBU Pertamina COCO 31.127.01
Kemang, Jakarta Selatan. Sementara Kualitas Pelayanan (X1), Citra Merek (X2), dan Word Of
Mouth (X4) mempengaruhi Keputusan Pembelian (Y) secara positif dan signifikan.
SKR21/057 | SKR 21/057 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain