Text
Pengaruh Faktor Fundamental Mikro Terhadap Tingkat Kecukupan Modal (CAR) (Studi kasus pada Bank Pembangunan Daerah di Indonesia Periode 2013-2019)
Kecukupanmodalakanmenjadicerminanuntukmenumbuhkan
kepercayaanmasyarakatterhadapkondisibankyangbaik.Dalammemenuhi
tingkatkecukupanmodaldapatdiukurmelaluirasiokecukupanmodalatau
CapitalAdequacyRatio(CAR)rasioinimengukurkemampuanbankdalam
mengaturpermodalanuntukmenghindarikerugianakibataktivayangberesiko
yangdibiayaidarimodalsendiribank.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk
mengujipengaruhrasioNonPerformingLoan(NPL),LoantoFundingRatio
(LFR),ReturnOnAsset(ROA),NetInterestMargin(NIM),danBeban
OperasionaldanpendapatanOperasional(BOPO)terhadapKecukupanModal
(CAR)secaraparsialdansimultanpadaBankPembangunanDaerahdi
Indonesiaperiode2013-2019.Berdasarkansampleterdapat22Bankdengan
tahunpengamatantujuhtahun,makadiperolehdatapenelitiansebanyak154
dataobservasiyangdigunakan.Penelitianinimenggunakanmetodedatapanel
yangdiolahdenganbantuanprogramEviews11untukmengetahuifaktor-faktor
yangmempengaruhikecukupanmodal(CAR)dengantingkatsignifikan5%.
Hasilpenelitianinimenunujukanfixedeffectmodelsebagaimodelyangdipilih.
Berdasarkanhasildenganmenggunakanfixedeffectmodel,secaraparsial
LFR,ROA,danBOPOberpengaruhpositifdansignifikanterhadapkecukupan
modal(CAR),sedangkanNPLdanNIMtidakberpengaruhterhadapkecukupan
modal(CAR).Secarasimultansemuavariabelsecarabersama-sama
berpengaruhterhadapkecukupanmodal(CAR).
SKR21/023 | SKR 21/023 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain