Text
Analisis Pengaruh Persepsi Resiko dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Bukalapak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh persepsi
resiko dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi
Bukalapak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskritif yang dilaksanakan di Jakarta
Selatan pada bulan Maret hingga April 2020. Populasi penelitian adalah seluruh
pengguna aplikasi Bukalapak, dimana jumlah populasinya sebanyak 42.900.000
populasi dan sampel penelitian ini ditentukan dengan rumus Slovin, Penelitian ini
menggunakan instrumen berupa kuesioner yang di sebar kepada 100 responden
yang menggunakan aplikasi Bukalapak dengan karakteristik berusia 17 tahun
keatas dengan jumlah minimal melakukan 2 kali transaksi dan melakukan transaksi
dalam sebulan terakhir. Variabel dependen pada penelitian ini adalah keputusan
pembelian, sedangkan variabel independen adalah persepsi resiko dan kualitas
pelayanan. Metode analisis yang digunakan adalah PLS-SEM (Partial Least
Square-Structural Equation Modelling) dengan menggunakan Software SmartPLS
3.0.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa Variabel Persepsi Resiko dan
Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian memberikan pengaruh sebesar
68,4 %. Sedangkan pengaruh yang lebih dominan adalah variabel kualitas
pelayanan terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen karena memiliki nilai t
statistik sebesar 10,142 dibandingkan dengan variabel persepsi resiko yang tidak
berpengaruh karena memiliki nilai T statistik 1.747 yaitu lebih rendah dibandingkan
dengan variabel kualitas produk.
SKR21/092 | SKR 21/092 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain