Final_Project
Perancangan Identitas Visual Meseum Prabu Geusan Ulun
Rachma Dewi (15110061). “Perancangan Identitas Visual Museum Prabu Geusan Ulun.
Tugas akhir program studi Desain Komunikasi Visual. Fakultas Industri Kreatif dan Telematika.
Universitas Trilogi, Jakarta.
Museum Prabu Geusan Ulun adalah museum yang berisikan benda - benda peninggalan
yang terletak di Jl. Prabu Geusan Ulun No.40, Regol Wetan, Sumedang Selatan Kabupaten
Sumedang, Jawa Barat. Koleksi yang ada di dalam museum tersebut berupa mahkota binokasih,
senjata masyarakat Sumedang pada jaman dahulu, pakaian tradisional kota sumedang, keris, alat
musik gamelan, kereta kencana serta naskah ayat suci Al – qur’an dll.
Semua peninggalan tersebut dapat dilihat oleh pengunjung dengan membayar sebesar Rp
5000 dengan waktu kunjungan setiap hari selasa sampai minggu ( Senin & Jumat tutup ) pukul
08:00 – 16:00. Museum Prabu Geusan Ulun belum menjadi tujuan utama para wisatawan di
sekitar kota sumedang dikarenakan kurangnya promosi serta tidak adanya identitas visual yang
menjadikan museum itu mempunyai sebuah ciri khas disetiap media promosinya. Seiring
berkembangnya jaman kota Sumedang sudah mulai banyak membuka tempat wisata baru yang
secara yang secara tidak langsung menjadi ancaman tersendiri terhadap eksistensi museum.
Berdasarkan masalah yang telah dijelaskan, penulis berusaha untuk memecahkan masalah
tersebut dengan mengembangkan identitas Museum Prabu Geusan Ulun agar lebih dikenali oleh
masyarakat. Jenis perancangan ini menggunakan metode tahapan desain brand identity yang
dibuat oleh Alina Wheeler dan menerapkan pendekatan desain komunikasi visual. Sedangkan
untuk media promosi, penulis membaginya menjadi tiga bagian yaitu pre-purchase experience,
purchase experience, dan post-purchase experience
DKV 21/012 | Referensi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain