Text
Analisis Faktor faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Jasa Operator PT.Telkomsel
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi loyalitas konsumen PT. Telkomsel. Berdasarkan katadata.co.id
menunjukkan total pelanggan dari ketiga operator terbesar di Indonesia, Telkomsel
menduduki peringkat pertama dengan jumlah 170juta pengguna dan disusul dengan Indosat
dengan 59,3 juta pelanggan dan yang terakhir XL dengan 56,7juta pelanggan.
Metode Analisa yang digunakan pada penelitian ini adalah factor analysis dengan
menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA). Populasi dalam penelitian yaitu seluruh
pengguna jasa operator Telkomsel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak
100 responden yang sesuai dengan kriteria pengambilan sampel. Data yang dikumpulkan
berbentuk angket atau kuesioner dan jumlah sampel yang diambil menggunakan metode
slovin
Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terdapat lima faktor yang
dapat mempengaruhi loyalitas konsumen, faktor kepuasan, faktor harga, faktor jangkauan
jaringan, faktor layanan, faktor kepercayaan. Faktor tersebut diperoleh dari nilai factor
loading tertinggi dari setiap variabelnya.
SKR21/109 | SKR 21/109 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain