Text
Peran Keluarga Sebagai Pendidik Iman Anak Dalam Agama Khatolik, Untuk Anak Usia 4-5 Tahun di TK Charitas (Studi Kualitatif Deskriftif di TK A Charitas Jakarta Selatan)
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan lokasi
penelitian di taman kanak-kanak (TK) Charitas Jakarta. Partisipan dalam penelitian
ini adalah orang tua dari murid sekolah taman kanak-kanak (TK) Charitas Jakarta
yang berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
dengan mengunakan metode wawancara, kuesioner dan dokumentasi, Judul skripsi
ini dipilih berdasarkan keprihatinan penulis terhadap proses pelaksanaan peran
orang tua sebagai pendidik iman anak di dalam keluarga. Orang tua mendapatkan
kesulitan-kesulitan dalam mendidik iman anak mereka.
Orang tua seringkali mengalami kesulitan dalam membagi waktu untuk
bekerja dan pendidikan iman anak, sehingga pendidikan iman anak menjadi
terabaikan. Berkaitan dengan pentingnya peran orang tua sebagai pendidik iman
anak penulis tertarik untuk menulis skripsi ini agar dapat memberikan sumbangan
pemikiran kepada orang tua untuk meningkatkan pelaksanaan perannya sebagai
viii
pendidik iman anak dalam agama Katolik di TK Charitas St. Stefanus, sehingga
para orang tua dapat melaksanakan perannya dengan baik. Dalam penulisan skripsi
ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yakni berdasarkan
wawancara dan kuesioner terhadap orang tua, dan pengurus TK Charitas. Orang tua
sebagai pendidik iman anak memilki peran mengajarkan pemahaman iman,
mengusahakan pembiasaan hidup beriman, menjadi teladan iman.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis ditemukan bahwa
orang tua kesulitan dalam melaksanakan perannya dikarenakan kesulitan dalam
membagi waktu untuk bekerja dan mendidik iman anak, maka perlu diusahakan
untuk meningkatkan pelaksanaan perannya sebagai pendidik iman anak, Berkaitan
dengan hal ini, peneliti berpendapat bahwa meningkatkan pelaksanaan peran orang
tua sebagai pendidik iman anak, dapat dilakukan dengan kegiatan, membaca kitab
suci sebelum tidur, agar dapat melatih nurani setiap pribadi dalam membedakan
mana yang mendukung dan yang merugikan kepribadian dan iman
PAUD21/002 | PAUD 21/002 | Prodi PGPAUD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain