Text
Pengembangan buku siswa digital buku cerita bergambar subtema 2 untuk siswa kelas V SDN Kalibata 11 Pagi
Pada proses pembelajaran, pada situasi pandemi seperti ini komunikasi sangat dibatasi. Produk buku ajar digital berbasis buku cerita bergambar dapat membantu mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku siswa digital berbasis buku cerita bergambar yang secara teori valid dan efektif untuk digunakan untuk siswa kelas 5 sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil nilai validasi produk yang divalidasi oleh ahli desain sebesar 83%, ahli materi 96% dan ahli bahasa sebesar 90%. Dari skor tersebut mendapatkan skor rata rata sebesar 89%, produk buku ajar tersebut dikategorikan layak untuk digunakan. Tingkat kelayakan produk berdasarkan tahap uji pengguna oleh Guru kelas VB mendapatkan skor 100% dan uji coba kelompok kecil oleh 5 orang siswa kelas VB SDN Kalibata 11 Pagi mendapatkan skor 83% dan uji coba kelompok besar oleh 16 orang siswa kelas VB SDN Kalibata 11 Pagi mendapatkan skor 85%. Dari skor tersebut mendapatkan skor rata-rata sebesar 88% produk buku ajar tersebut dikategorikan layak untuk digunakan. Dengan adanya buku ajar berbasis buku cerita bergambar yang didalam buku tersebut didominasi oleh gambar yang menarik dan menyenangkan akan memberikan dampak positif bagi peserta didik. Peserta didik akan sangat memahami pembelajaran jika memakai buku ajar berbasis buku cerita bergambar.
PGSD21/012 | PGSD 21/012 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain