Text
Studi deskriftip pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan aplikasi whatsapp di kelas IV SDN Cikoko 03 Jakarta Selatan
Munculnya pandemi Covid-19 membuat kegiatan pembelajaran IPA di sekolah dasar dialihkan ke pembelajaran secara daring. Guru kelas IV B SDN Cikoko 03 memilih untuk memanfaatkan whatsapp untuk melaksanakan pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran IPA melalui whatsapp serta respon guru dan siswa terkait pembelajaran daring melalui whatsapp. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV B SDN Cikoko 03 Jakarta Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pelaksanaan pembelajaran IPA meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan pendahuluan meliputi guru menyapa siswa, membagikan link absensi google form, dan siswa mengirim foto saat belajar. Kegiatan inti meliputi membagikan file materi dan tugas evaluasi IPA, dan memberi kesempatan siswa bertanya. Kegiatan penutup meliputi siswa mengumpulkan tugas dengan di foto lalu dikirim ke guru. (2) Pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring melalui whatsapp di kelas IV B SDN Cikoko 03 Jakarta Selatan sudah terlaksana dengan cukup efektif berdasarkan pada respon positif yang diberikan oleh guru maupun siswa terhadap kelebihan serta fitur whatsapp yang dimanfaatkan dalam pembelajaran IPA. Meskipun dalam pelaksanaanya masih terdapat kendala yang dihadapi oleh guru maupun siswa, namun tidak menjadikan hal tersebut sebagai faktor penghambat berlangsungnya proses pembelajaran IPA secara daring.
PGSD21/011 | PGSD 21/011 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain