Text
Pengaruh Pengetahuan Perpajakan,Ketegasan Sanksi Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM E-Commerce
Di era digital, masyarakat sudah tidak asing dengan peran teknologi informasi dan
komunikasi, mulai dari layanan transportasi, pendidikan, hingga perdagangan.
Perdagangan secara online selanjutnya disebut dengan electronic commerce yang
kemudian disingkat menjadi e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengaruh pengetahuan perpajakan, ketegasan sanksi pajak, dan kesadaran wajib pajak
terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM e-commerce. Populasi dalam penelitian ini
adalah wajib pajak UMKM sektor kuliner yang bermitra dengan Platform Gojek yang
berada di wilayah DKI Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada
penelitian ini yaitu purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah 74 UMKM ecommerce yang memanfaatkan platform Gojek. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu metode penyebaran kuesioner melalui
google form menggunakan skala likert. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan
menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) berbasis varians atau Partial
Least Square (PLS) dengan program perangkat lunak SmartPLS versi 3.3.3. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan dan ketegasan sanksi pajak
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM e-commerce.
Sedangkan kesadaran wajib pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak
UMKM e-commerce.
AKU21/096 | AKU 21/096 | Prodi Akuntansi (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain