Text
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang
mempengaruhi nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi
periode 2015-2019. Selain itu penelitian ini juga meneliti apakah pertumbuhan
perusahaan, ukuran perusahaan, profitabilitas, struktur modal dan kebijakan dividen
memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan.
Data yang digunakan adalah data perusahaan manufaktur sektor barang
konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2015-2019. Sampel
dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang sesuai dengan
kriteria diperoleh sebanyak 7 perusahaan. Penelitian ini menggunakan model regresi
data panel dengan aplikasi Eviews 10.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan perusahaan berpengaruh
negatif terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai
perusahaan dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan
struktur modal dan kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Secara simultan variabel pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan, profitabilitas,
struktur modal dan kebijakan dividen berpengaruh terhadap nilai.
SKR21/144 | SKR 21/144 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain