Text
Peningkatan hasil belajar IPA materi sumber energi dengan media mind mapping digital di Kelas IVB SDN Pangadegan 07 tahun ajaran 2020/2021
Berdasarkan hasil observasi yang menunjukkan rendahnya hasil belajar peserta didik dengan 50% dari 28 peserta didik belum tuntas KKM pada mata pelajaran IPA materi sumber energi di kelas IVB SDN Pengadegan 07 Jakarta selatan yang berjumlah 28 peserta didik terdiri dari 16 orang peserta didik laki-laki dan 12 orang peserta didik perempuan. Penelitian ini dilaksanakan yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IVB SDN Pengadegan 07 Jakarta Selatan pada mata pelajaran IPA materi sumber energi dengan menggunakan media mind mapping digital yang menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis and McTaggart. Berdasarkan data yang telah diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan hasil belajar yang dilakukan oleh peneliti serta berkolaborasi dengan wali kelas IVB menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh hasil ketuntasan belajar yang dinilai dari kognitif terdapat presentase ketuntasan belajar klasikal adalah sebesar 71% dari 28 peserta didik dengan nilai rata-rata klasikalnya 80,4. Kemudian pada siklus II diperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal adalah sebesar 100% dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 88. Demikian hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan presentase ketuntasan klasikal sebesar 29% serta peningkatan nilai rata-rata klasikalnya mencapai 7,6. Maka dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media mind mapping digital mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IVB SDN Pengadegan 07 Jakarta Selatan pada mata pelajaran IPA materi sumber energi.
PGSD21/020 | PGSD 21/020 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain