Final_Project
Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Terhadap Gerobak Kopi Bang Raden Galaxy Kota Bekasi di Masa Pandemi
Citra Delima. Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Terhadap Gerobak
Kopi Bang Raden Galaxy Kota Bekasi di Masa Pandemi COVID-19.
Dibimbing oleh Maulidian dan M. Rizal Taufikurohman, 2021.
Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan yang dirasakan oleh
konsumen kedai kopi. Diantaranya adalah faktor harga, suasana, segi pelayanan
dan tata aturan mengenai protokol kesehatan COVID-19 yang diatur oleh kedai
kopi di Gerobak Kopi Bang Raden. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
karakteristik konsumen, mengukur tingkat kepuasan konsumen dan menganalisis
pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen. Metode yang
digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas,
analisis regresi linear berganda, Customer Satisfaction Index (CSI), dan Importance
Performance Analysis (IPA) dengan melibatkan 103 orang responden. Hasil uji
validitas dan uji reliabilitas menunjukkan bahwa masing-masing variabel valid dan
reliability. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa mayoritas konsumen
yang berkunjung ke Gerobak Kopi Bang Raden adalah laki-laki (55.3 persen),
berusia 17-25 tahun (78.6 persen), berdomisili di Bekasi (86.4 persen),
berpendidikan sarjana (53.4 persen), berkerja sebagai pelajar/mahasiswa (48.5
persen) dan berpendapatan < Rp 1.000.000 (39.8 persen). Pada tingkat analisis CSI
diperoleh 85,94 persen yang menunjukkan sebagian besar konsumen merasa sangat
puas akan kinerja yang diberikan oleh Gerobak Kopi Bang Raden. Berdasarkan
analisis IPA dengan diagram kartesius, atribut yang perlu dipertahankan yaitu pada
kuadran II (cita rasa, kehigienisan produk dan perlengkapannya, kebersihan tempat,
kemudahan dalam memperoleh pelayanan, penyediaan hand sanitizer/ tempat cuci
tangan, dan dekorasi coffee shop). Sedangkan yang perlu diperbaiki yaitu pada
kuadran I (kesesuaian harga dengan kualitasnya dan ketersediaan koneksi Wi-Fi).
Hasil dari analisis regresi linear berganda Y = 1,037 - 0,201X1 + 0,211X2 - 0,321X3
- 0,060X4. menunjukkan bahwa pada variabel kepuasan harga dan variabel
kepuasan pelayanan memiliki pengaruh terhadap variabel loyalitas konsumen.
AGR21/026 | AGR 21/026 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain