Text
Sosiologi pendidikan
Pendidikan di sekolah bukan hanya ditentukan oleh usaha murid secara individual atau interaksi murid dan guru dalam proses belajar mengajar, melainkan ditentukan oleh interaksi murid dengan lingkungan sosialnya dalam berbagai situasi social yang dihadapinya di dalam maupun di luar sekolah. Peserta didik memiliki kepribadian berbeda bukan hanya hanya terleatak pada bakat dan pembawaanya akan tetapi dipengaruhi oleh lingkungan sosial yang beranekaragam. Terkadang peserta didik datang ke sekolah dengan membawa kebiasaan rumah tangganya yang mempunyai corak tertentu, tergantung golongan dan status sosial, kesukuan, agama, nilai-nilai dan aspirasi orang tuanya. Di sekolalah ia akan memilih teman atau kelompok yang suatu saat akan sangat mempengaruhi tingkah lakunya.
Salaha satu buku yang membahas tentang interaksi peserta didik dan lingkunganya adalah buku karangan Prof Dr. Nasution, Ma. Yang berjudul Sosiologi Pendidikan. Dalam buku tersebut Prof Dr. Nasution, Ma. Memulainya dengan memberikan alur pemikiran bahwa para ahli pendidikan dan ahli sosiologi kesukaran dalam memperoleh defenisi yang matang mengenai sosiologi pendidikan
21/395 | 370.115 NAS s | Prodi PGPAUD | Tersedia |
21/396 | 370.115 NAS s | Prodi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain