Text
Analisis Keunggulan Berbasis Pada Bisnis Starup Menggunakan Strategic Cost Management Dengan Pendekatan Target Costing
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategic cost management dengan bantuan
SWOT dalam meningkatkan keunggulan bersaing dengan alat target costing dan
menggunakan metode ABC (Activity Based Costing) pada kedai kopi Singgah Kopi.
Analisis SWOT yang dilakukan adalah untuk memaksimalkan kekuatan dan peluang
sekaligus meminimalkan kelemahan dan ancaman dari faktor internal dan eksternal
yang ada. Sehingga muncul strategi baru untuk mencapai keunggulan bersaing.
Strategic cost management menggunakan alat bernama target costing yang merupakan
metode penetuan biaya berdasarkan perencanaan harga jual dan laba yang diinginkan
dari suatu produk. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yang
dilakukan dengan memahami fenomena yang terjadi pada subjek penelitian dan
mendeskripsikannya dalam bentuk kata – kata dan bahasa. Sumber data yang digunakan
adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan sampel data melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini terdapat tujuh menu yang
diangkat untuk analisis target costing. Menu tersebut antara lain, yaitu
americano/longblack ice, americano/longblack hot, vietnam drip ice, vietnam drip hot,
v60 ice, matcha ice, dan matcha hot. Menu tersebut diangkat dalam analisis target
costing karena menu tersebut adalah menu yang dijual oleh pesaing yang setara dan
berada di kawasan yang sama juga dengan Singgah Kopi. Hasil dari penelitian ini
menunjukan bahwa Singgah Kopi memilih strategi focusing dalam usahanya karena
tetap fokus terhadap target pelanggan yang cocok dengan produk yang ditawarkan.
Perpaduan target costing dan activity based costing menghasilkan rekayasa nilai yang
terdiri dari dua alternatif yang bisa membantu untuk mencapai biaya target.
Kata Kunci: activity based costing; analisis SWOT; analisis TOWS; strategic cost
management; target costing.
AKU22/026 | AKU 22/026 | Prodi Akuntansi (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain