Text
Straegi Pengembangan Agribisnis Stroberi Pada CV Casa Farm Lembang Jawa Barat
CV. Casa Farm merupakan perusahaan yang bergerak pada produksi buah stroberi dan juga bibit stroberi. Namun, hasil produksi buah dan bibit stroberi perusahaan ini masih mengalami ketidakstabilan, sehinggga dapat dikatakan bahwa agribisnis stroberi CV. Casa Farm proses produksi belum dilakukan secara optimal serta tingginya risiko produksi akibat faktor cuaca, hama, dan penyakit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor internal dan eksternal pada perusahaan dan menentukan strategi pengembangan agribisnis stroberi yang tepat untuk mengoptimalkan usahanya. Desain penelitian ini adalah kualitatif, dengan teknik penelitian studi kasus. Dalam penentuan strategi pengembangan, terbagi menjadi tiga tahap. Tahap input (input stage) menggunakan matriks IFE dan EFE. Pada tahap pencocokan (matching stage) menggunakan matriks IE dan matriks SWOT. Tahap terakhir (decision stage) adalah tahap pengambilan keputusan digunakan matriks QSPM. Berdasarkan hasil matriks SWOT menunjukan bahwa agribisnis stroberi CV. Casa Farm berada di kuadran IV menunjukan sifat strateginya adalah tumbuh dan kembangkan, yang kemudian dengan merumuskan strategi alternatif dan memperoleh lima alternatif strategi. Lima alternatif tersebut kemudian diolah menggunakan matriks QSPM bahwa nilai TAS (Total Attractiveness Score) skor tertinggi 6.77 adalah penyediaan teknologi mesin pendingin tujuannya untuk meminimalisir kerusakan atau busuk pada buah stroberi.
AGR22/008 | AGR 22/008 | Prodi Agribisnis (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain