Text
Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Autism Spectrum Disorder Usia 8 Tahun
Pola asuh orang tua adalah model yang diterapkan orang tua dalam membimbing
dan mendidik anaknya untuk memiliki perilaku dan kemampuan yang diharapkan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis pengasuhan, nilai-nilai pengasuhan
khususnya nilai pendidikan karakter serta bentuk peran orang tua dalam pola asuh yang
diterapkan orang tua pada anak ASD, yaitu anak dengan gangguan saraf yang
mempengaruhi perkembangan sehingga menyebabkan ketidaknormalan yang ditandai
dengan kurangnya kemampuan sosial atau komunikasi pada diri anak dan diikuti
perilaku yang berulang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dalam bentuk studi kasus secara
mendalam pada 1 orang tua dan 1 anak usia 8 tahun. Hasil penelitian menunjukkan
jenis pengasuhan campuran yaitu demokratis dan otoriter. Untuk nilai pengasuhan pada
pendidikan karakter teramati yaitu nilai religious, jujur, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, disiplin, toleransi, peduli sosial, kreatif, kerja keras, nasionalisme dan tanggung
jawab, namun untuk penanaman nilai kreatif tidak ditemukan karena bentuk kegiatan
kreatifitas dipahami orang tua sebatas pada pemahamannya pada bentuk kreatifitas
kriya untuk ASD. Peran orang tua dilakukan dalam pengaturan aktivitas harian yang
dibuat melalui jadwal rutin harian bersama anak yaitu: peran memberikan terapi,
pendampingan belajar, pendampingan kegiatan rutin harian. Dengan demikian bentuk,
nilai dan peran orang tua dalam pola asuh yang dilakukan secara konsisten teramati
memiliki pengaruh pada kemampuan dan perkembangan yang positif pada anak ASD.
Kata kunci : pola asuh, autism, peran orang tua, anak usia dini
PAUD22/006 | PAUD 22/006 | Prodi PGPAUD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain