Text
Pengaruh E Commerce dan Modal usaha Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM (Pada Usaha Mikro, kecil dan Menengah di Jakarta Selatan)
Usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM memegang peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan perekonomian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari dua variabel independen, yaitu e-commerce dan modal usaha terhadap peningkatan pendapatan UMKM. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sejumlah pelaku UMKM yang memiliki usaha online minimal satu tahun serta berlokasi di Jakarta Selatan. Teknik pengumpulan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner melalui google form dan diperoleh sebanyak 115 responden. Metode analisis penelitian ini menggunakan bantuan perangkat SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-commerce dan modal usaha secara bersama-sama mempengaruhi pendapatan sebesar 81%, dan sisanya sebesar 19% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini yang ditujukan oleh nilai r-square sebesar 0,817. Dalam uji path coefficients, t-statistik dan p-values menunjukan bahwa e- commerce dan modal usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM di Jakarta Selatan Kata Kunci : e-commerce, modal usaha, pendapatan, UMKM
AKU22/083 | AKU 22/083 | Prodi Akuntansi (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain