Text
Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada PT. Logindo Samudramakmur Tbk
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan yang diberikan
Perusahaan Pelayaran Niaga dalam mendukung loyalitas konsumen Perseroan dan untuk
mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen melalui penyewaan
kapal Perseroan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksplanatori, dengan
variabel independen adalah Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan
Tangibel, sedangkan variabel dependennya adalah Loyalitasn Konsumen. Populasi pada
penelitian ini adalah semua klien Perseroan yang telah melakukan penyewaan kapal
sebanyak minimal 2 kali.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kualitas layanan yang diberikan kepada
klien atau pelanggan mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari klien atau pelanggan,
dimana rata-rata jawaban klien atau pelanggan terhadap pernyataan atau indikator pada
ke-5 variabel Kualitas Layanan adalah berada pada rentang 4 dan 5, yang berarti
kondisinya adalah sangat baik. Sedankan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa
(1) terdapat pengaruh variabel Responsiveness (Daya Tanggap) terhadap Loyalitas
Konsumen, dan (2) tidak terdapat pengaruh variabel Reliability (Keandalan), Assurance
(Jaminan), Emphaty (Perhatian) dan Tangibles (Bukti Fisik) terhadap Loyalitas
Konsumen.
Kata kunci: Penyewaan Kapal, Kualitas Layanan, Loyalitas Konsumen.
SKR22/096 | SKR 22/096 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain