Text
Analisis Penentuan Biaya Produksi Dengan Metode Full Costing Untuk Menetapka Harga Jual Produk (Studi Kasus Cafe Bukan Ruang Kemang Jakarta Selatan)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penentuan biaya produksi dan menetapan harga jual produk di cafe Bukan Ruang, menggunakan metode full costing untuk menentukan biaya produksi dan menggunakan metode cost plus pricing untuk menetapkan harga jual produk. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari perusahaan mengenai biaya produksi, biaya non produksi dan hasil penjualan selama bulan Januari sampai dengan Juni 2022. Data sekunder diperoleh dari jurnal, buku, internet yang mendukung peneliti dalam melakukan perhitungan dan penyusuan penelitian ini. Hasil dari analisis data menunjukan bahwa, biaya produksi yang ditentukan oleh perusahaan lebih rendah dari biaya produksi yang ditentukan dengan metode full costing. hal ini dikarenakan unsur biaya yang digunakan oleh perusahaan dalam menentukan biaya produksi hanya biaya bahan baku, sedangkan biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik belum dimasukan kedalam penentuan biaya produksi. Selain itu, dalam menetapkan harga jual produk perusahaan hanya menggunakan taksiran biaya produksi yang dikeluarkan dan harga jual pesaing sehingga semua minuman kemasan 1.000 ml ditetapkan dengan harga jual Rp 85.000. Berbeda dengan harga jual yang ditetapkan dengan metode cost plus pricing, pendekatan full costing harga jual kopi susu anteng, latte dan pandan latte lebih tinggi dari harga yang ditetapkan perusahaan, hasil ini memberikan peluang bagi perusahaan untuk dapat memperoleh laba yang lebih tinggi. sedangkan untuk produk long black, taro latte, matcha latte dan chocolate diperoleh harga lebih rendah dari harga jual yang ditetapkan perusahaan, hasil ini memberikan peluang bagi perusahaan untuk bisa meningkatkan volume penjualan. Dengan harga jual yang diperoleh menggunakan metode cost plus pricing menghasilkan pendapatan lebih tinggi sebesar Rp 1.520.491 dari 221 botol minuman 1.000 ml yang terjual selama bulan Januari sampai dengan Juni 2022. Kata Kunci : Biaya Produksi, Harga Jual, Full Costing, Cost plus Pricing
AKU22/092 | AKU 22/092 | Prodi Akuntansi (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain