Text
target Costing Sebagai Upaya Meningkatkan Keunggulan Bersaing UMKM Melalui Kemitraan Marketplace
Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan harga jual produk UMKM dengan
menggunakan metode target costing dalam upaya meningkatkan keungulan bersaing
penjualan melalui kemitraan marketplace. Dari tujuan penelitian tersebut dapat dilihat
kebaruan penelitian ini adalah peran target costing pada UMKM sebagai cara dalam
meningkatkan keunggulan bersaing pada penjualan melalui kemitraan marketplace.
Pengolahan data penelitian ini dilakukan menggunakan metode pendekatan kualitatif
dengan analisis deskriptif yang berupa studi kasus pada UMKM Maem Masakan
Mbok’e. Perhitungan target costing yang dilakukan oleh UMKM ini menjelaskan
adanya efisinesi biaya produksi untuk produk paket nasi uduk dari Rp.748.567 menjadi
Rp.576.623, sedangkan produk paket nasi kebuli dari Rp.594.883 menjadi Rp.471.567
dimana tujuan efisiensi biaya ini agar produk yang dihasilkan mampu bersaing dengan
produk sejenis yang ditawarkan melaui kemitraan marketplace. Efisiensi biaya ini
dapat dicapai oleh UMKM Maem Masakan Mbok’e melalui proses value engineering
yaitu mengubah bentuk kemasan, pemilihan supplier bahan baku, dan memodifkasi
proses sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing melalui kemitraan
marketplace. Value engineering ini juga berdampak pada peningkatan laba pada paket
nasi uduk dari Rp.21.433 menjadi Rp.193.377 dan paket nasi kebuli dari Rp.5.117
menjadi Rp.128.433.
Kata Kunci: Target Costing, Value Engineering, Keunggulan Bersaing, Kemitraan
Marketplace
AKU22/091 | AKU 22/091 | Prodi Akuntansi (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain