Text
Analisis berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA dengan problem based learning kelas V SDN Pegangsaan Dua 06 Jakarta Utara
Akibat adanya wabah yang disebabkan oleh wabah virus corona yang masuk ke Indonesia maka seluruh sektor pendidikan dilakukan secara pembelajaran jarak jauh. Tujuan dari pada penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring dengan menggunakan PBL, mendeskripsikan berfikir kritis siswa dalam pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring dengan menggunakan PBL, menjelaskan respon guru dan siswa pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring dengan menggunakan PBL. Lokasi penelitian ini adalah SDN Pegangsaan Dua 06 Jakarta Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil sumber data secara primer dan sekunder yang didapatkan melalui tahap pengumpulan data wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah dengan melakukan pengumpulan data yang diperoleh dan ditarik kesimpulan dengan menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan pada penelitian ini adalah terdapat banyak siswa yang antusias akan pelaksanaan pembelajaranIPA secara daring dengan menggunakan PBL walaupun masih ada beberapa siswa yang kurang percaya diri, dan sudah banyak siswa yang baik dalam berfikir secara kritis pada materi peredaran darah pembelajaran IPA secara daring sehingga banyak siswa yang sudah mengajukan pertanyaan pada guru terkait materi tersebut.
PGSD22/024 | PGSD 22/024 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain