Text
Pengaruh Insenitas Pajak, Aplikasi Akuntansi dan Pemanfaatan E Felling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi UMKM
Era digital merubah pola konsumtif seseorang hingga memasuki dunia e-commerce. Era
digital pun mendukung perpajakan, tidak hanya itu tetapi dapat mempermudah kegiatan
sehari-hari. Seiring penetrasi digital yang terus tumbuh UMKM telah memasuki e-commerce
dan berpartisipasi dalam ekosistem digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis
penggunaan insentif pajak, aplikasi akuntansi, dan pemanfaatan e-filing yang berdampak
pada kepatuhan wajib pajak oleh UMKM milikperorangan. Variabel insentif pajak penelitian
ini mengacu pada Undang-Undangan Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP). Teknik
pengambilan sampel adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan skala likert,
yaitu 1 sangat tidak setuju, 2 tidak setuju, 3 setuju, dan 4 sangat setuju. Sampel penelitian ini
adalah 80 UMKM milik perorangan di bidang kuliner se-Jabodetabek yang terdaftar di
platform Grab dengan kriteria tertentu. Penelitian dilakukan secara online menyebarkan
kuesioner melalui media sosial. Penelitian ini diolah menggunakan Partial Least Square
(PLS) dengan program software SmartPLS versi 3.0 dilakukan pada tahun 2022. Dapat
disimpulkan insentif pajak, aplikasi akuntansi, dan pemanfaatan e-filing memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap kepatuhan pajak UMKM.
Kata kunci: Insentif Pajak, Aplikasi Akuntansi, E-Filing, dan Kepatuhan Wajib Pajak Orang
Pribadi UMKM
AKU22/079 | AKU 22/079 | Prodi Akuntansi (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain