Text
Pengaruh Harga dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Pengiriman Domestik PT. KAMADJASA LOGISTICS JAKARTA
PT Kamadjaja Logistics adalah anak perusahaan dari Kamadjaja Group yang
berdiri sejak tahun 1968, merupakan salah satu perusahaan freight forwarding yang ada
di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana pengaruh
harga terhadap kepuasan pelanggan pada PT Kamadjaja Logistics Jakarta (2) untuk
mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada
PT Kamadjaja Logistics Jakarta . Populasi dalam penelitian ini adalah individu dan
perusahaan yang pernah menggunakan jasa PT Kamadjaja Logistics Jakarta selama
Januari-April 2022 yaitu sebanyak 650 customer Berdasarkan rumus Slovin tersebut,
maka diperolah besarnya sampel sebanyak 100 sampel.
Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan pendekatan Structural Equation
Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) PLS. Berdasarkan metode Uji
struktural model diketahui variabel harga (X1) terhadap kepuasan pelanggan (Y) memiliki
T Statistik 1.918 atau lebih besar dari 1, 96 dan nilai P-Value sebesar 0.056 atau lebih
kecil dari 0.10. Hasil analisis ini dapat diartikan bahwa variabel harga (X1) berpengaruh
terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa PT Kamadjaja. Variabel kualitas
pelayanan (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y) memiliki T Statistik 4.627 atau lebih
besar dari 1.96 dan P-Value sebesar 0.000 atau lebih kecil dari 0.10 . Hasil analisis ini
dapat diartikan bahwa variabel kualitas pelayanan (X2) berpengaruh terhadap kepuasan
pelanggan dalam menggunakan jasa PT Kamadjaja. nilai R square sebesar 0.693 yang
dapat diartikan bahwa besarnya pengaruh variabel harga (X1) dan kualitas pelayanan
(X2) terhadap kepuasan pelanggan PT Kamadjaja Logistic Jakarta 69.3% sedangkan
sisanya sebesar 30.7% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci : Harga, Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan.
SKR22/086 | SKR 22/086 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain