Text
Strategi Cost Managemen target Costing pada UMKM Berbasis E-Cmmerce (Studi kasus Annabelle 2017)
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan strategic cost
management dengan menggunakan metode target costing. Dengan menerapkan
strategic cost management, perusahaan dapat meningkatkan keunggulan bersaing
sekaligus melakukan efisiensi biaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini
adalah target costing. Target costing merupakan metode penentuan biaya yang
seharusnya dikeluarkan oleh perusahaan untuk mencapai laba yang diharapkan
berdasarkan harga pasar. Sebelum mentukan target costing, perusahaan terlebih
dahulu melakukan analisis kekuatan, kelemahan, peluang (analisis SWOT) dan
ancaman yang dihadapi.
Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dalam bentuk studi
kasus yang meneliti objek secara langsung. Sumber data yang digunakan pada
penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini berfokus pada 2 jenis
produk Annabelle_My yang paling diminati oleh konsumen, yaitu mukena katun
jepang dan mukena katun silky.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan target
costing usaha mukena online Annabelle_My dapat menurunkan drifting cost
dengan melakukan rekayasa nilai (value engineering) agar sesuai dengan biaya
target (allowable cost) yang telah ditetapkan tanpa meningkatkan harga jual
produk atau menurunkan kualitas produk. Adapun rekayasa nilai (value
engineering) yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah mencari alternatif
supplier yang menawarkan harga lebih rendah dengan kualitas yang sama dengan
standar bahan baku perusahaan dan menetapkan kebijakan baru mengenai tarif
ongkos pengiriman barang. Selain dapat memenuhi biaya target, perusahaan juga
memperoleh peningkatan laba usaha.
Kata Kunci: strategic cost management, analisis SWOT, target costing,
rekayasa nilai
i
AKU23/001 | AKU 23/001 | Prodi Akuntansi (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain