PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI

  • Beranda
  • E-Library
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • E-Resources
    Trilogi Free Journal Perpustakaan Nasional
      E-Resources Perpusnas Indonesia OneSearch
    Gale
      Business & Economic Science & Engineering Social & Humanities
  • Area Member
    Masuk Form Pengunjung
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

CD-ROM

Diskripsi Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Pada Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Kelas V -A SDN Pancoran 01 Jakarta Selatan

Ulfahtun Tsaniyah - Nama Orang - Pengarang Utama; Rossi Iskandar - Nama Orang - Pembimbing;

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19.
Seiring berjalannya waktu kondisi mulai membaik dan sistem pembelajaran dapat dilakukan
secara langsung. Siswa dan guru dapat melakukan pembelajaran matematika secara tatap muka,
guru dan siswa dapat menjalin komunikasi dua arah tanpa melalui media perantara. Adanya
peralihan pembelajaran jarak jauh menjadi pembelajaran tatap muka membawa perubahan dalam
proses pembelajaran matematika, sehingga saat pembelajaran tatap muka diperlukannya
kesiapan guru dan siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif. Subjek atau informan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SDN
Pancoran 01 Jakarta Selatan. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan peran guru dalam
mengatasi kesulitan matematika pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka di kelas VA SDN
Pancoran 01 Jakarta Selatan dan mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan matematika. Teknik
pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil
penelitian memaparkan bahwa (1) Peran guru mengatasi kesulitan matematika pada pelaksanaan
pembelajaran tatap muka diantaranya guru berperan sebagai pengajar yang memberikan
motivasi, memberikan keterampilan, dan memberikan apresiasi atau dukungan. Peran guru
dalam membimbing meliputi guru merencanakan tujuan dan mengidentifikasi kompetensi yang
hendak dicapai, guru harus melihat keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran, guru harus
memakai kegiatan belajar, dan guru harus melaksanakan penilaian. Guru sebagai administrator
meliputi menyusun program kegiatan mengajar, dan mengelola tata ruang untuk pengajaran. (2)
Faktor yang menyebabkan kesulitan matematika kelas VA pada pelaksanaan pembelajaran tatap
muka (PTM) meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Meskipun banyak kendala yang
dihadapi guru selama proses pembelajaran tatap muka pada matematika tetapi guru sudah
melakukan perannya untuk mengaktifkan dan membimbing siswa untuk semangat belajar
dengan menggunakan media atau alat pembelajaran matematika berupa poster rumus dan
infokus, guru juga merencanakan pembelajaran dengan adanya metode, model, dan strategi
pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekolah dan karakteristik siswa.
Kata kunci: pembelajaran tatap muka, kesulitan belajar, pembelajaran matematika, peran guru


Ketersediaan
PGSD23/032PGSD23/032Prodi PGSDTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
PGSD23/032
Penerbit
Jakarta : Universitas Trilogi., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PGSD
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Ulfahtun Tsaniyah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNIVERSITAS TRILOGI merupakan Pusat Informasi dan sumber belajar yang mempunyai fungsi utamanya adalah menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. 

1. Membantu terlaksananya pendidikan dan pengajaran yang menuju suatu keahlian professional 

2. Menyediakan koleksi yang memadai demi terlaksananya penelitian terapan 

3. Menjadikan koleksinya sebagai penunjang pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik