CD-ROM
Diskripsi Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Pada Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Kelas V -A SDN Pancoran 01 Jakarta Selatan
Pembelajaran jarak jauh (PJJ) dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19.
Seiring berjalannya waktu kondisi mulai membaik dan sistem pembelajaran dapat dilakukan
secara langsung. Siswa dan guru dapat melakukan pembelajaran matematika secara tatap muka,
guru dan siswa dapat menjalin komunikasi dua arah tanpa melalui media perantara. Adanya
peralihan pembelajaran jarak jauh menjadi pembelajaran tatap muka membawa perubahan dalam
proses pembelajaran matematika, sehingga saat pembelajaran tatap muka diperlukannya
kesiapan guru dan siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif. Subjek atau informan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SDN
Pancoran 01 Jakarta Selatan. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan peran guru dalam
mengatasi kesulitan matematika pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka di kelas VA SDN
Pancoran 01 Jakarta Selatan dan mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan matematika. Teknik
pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil
penelitian memaparkan bahwa (1) Peran guru mengatasi kesulitan matematika pada pelaksanaan
pembelajaran tatap muka diantaranya guru berperan sebagai pengajar yang memberikan
motivasi, memberikan keterampilan, dan memberikan apresiasi atau dukungan. Peran guru
dalam membimbing meliputi guru merencanakan tujuan dan mengidentifikasi kompetensi yang
hendak dicapai, guru harus melihat keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran, guru harus
memakai kegiatan belajar, dan guru harus melaksanakan penilaian. Guru sebagai administrator
meliputi menyusun program kegiatan mengajar, dan mengelola tata ruang untuk pengajaran. (2)
Faktor yang menyebabkan kesulitan matematika kelas VA pada pelaksanaan pembelajaran tatap
muka (PTM) meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Meskipun banyak kendala yang
dihadapi guru selama proses pembelajaran tatap muka pada matematika tetapi guru sudah
melakukan perannya untuk mengaktifkan dan membimbing siswa untuk semangat belajar
dengan menggunakan media atau alat pembelajaran matematika berupa poster rumus dan
infokus, guru juga merencanakan pembelajaran dengan adanya metode, model, dan strategi
pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekolah dan karakteristik siswa.
Kata kunci: pembelajaran tatap muka, kesulitan belajar, pembelajaran matematika, peran guru
PGSD23/032 | PGSD23/032 | Prodi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain