Text
Kemampuan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun Pada Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (Studi Kualitatif di TK Margalaksana)
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan “Mendeskripsikan bagaimana kemampuan
sosial yang di tunjukkan pada masa pembelajaran tatap muka terbatas di TK Marga laksana
Jl.Malaka II Blok C13 No.48 RT.008/06 Perumnas Klender, Kel. Malaka Sari, Kec. Duren
Sawit. Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, penelitian ini menggunakan
metode peneltiian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah semua anak-anak murid
yang berada dalam kelas TK A di TK Marga laksana tersebut. Jumlah anak murid kelas A TK
Marga Laksana pada tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 14 anak, yang terdiri dari 9 orang
anak perempuan dan 5 orang anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan penjaminan keabsahan
data yang dilakukan menggunakan teknik triangulasi.
Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah anak-anak kelas TK A TK Marga
Laksana menunjukkan suatu perkembangan kemampuan sosial dengan kegiatan yaitu, saling
membantu dan bermain bersama.
Kata Kunci: Pembelajaran tatap muka terbatas, kemampuan sosial anak, anak usia 4-5
tahun
PAUD23/004 | PAUD 23/004 | Prodi PGPAUD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain