Text
Meningkatakan Kemampuan Motorik Halus Anak 5-6 tahun Melalui Kegiatan Meronce (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok B TKIT Ar-Ridho, Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Propinsi DKI Jakarta Tahun 2022)
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk “Mendeskripsikan secara
empiris mengenai keterampilan motorik halus, proses kegiatan meronce dalam
meningkatkan keterampilan motorik halus anak, dan peningkatan keterampilan
motorik halus anak kelompok B di TKIT Ar Ridho, Pondok Kelapa, Kecamatan
Duren Sawit, Jakarta Timur, Propinsi DKI Jakarta” menggunakan metode
penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 6 orang anak kelompok B di
TKIT Ar Ridho, Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Propinsi
DKI Jakarta. Anak kelompok B di TKIT Ar Ridho, Pondok Kelapa, Kecamatan
Duren Sawit, Jakarta Timur, Propinsi DKI Jakarta terdiri dari 2 orang anak laki-laki
dan 4 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa
observasi, dokumentasi, dan wawanara dengan keabsahan data yang dilaksanakan
menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini adalah kegiatan meronce menggunakan media karton
board dan tali kur ini dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 5-
6 tahun kelompok B di TKIT AR-RIDHO, Pondok Kelapa, Kecamanatn Duren
Sawit, Jakarta Timur, Propinsi DKI Jakarta yang dapat dilihat dari persentase hasil
data pra penelitian sebesar 25,00 %, persentase data siklus I sebesar 89,58 %, dan
persentase data siklus II sebesar 98,96 %.
Kata-kata kunci : Keterampilan motorik halus, Kegiatan meronce, Anak usia 5-6
tahun
7
PAUD23/003 | PAUD 23/003 | Prodi PGPAUD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain