Text
Pengembangan E-modul KPK dan FPB berbasis realistic mathematics education untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Karanganyar 03 Pagi Jakarta Pusat
belajaran yang dapat dijadikan salah satu pembelajaran alternatif bagi siswa, yang dapat digunakan untuk belajar mandiri secara digital, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dikelas yaitu E-modul. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan di SDN Karang Anyar 03 Pagi Jakarta Pusat. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pembelajaran Matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education yang menempatkan suatu permasalahan pada pembelajaran matematika di kehidupan sehari-hari siswa, sehingga dapat mempermudah siswa untuk menerima materi dan memberikan pengalaman secara langsung dengan pengalaman individu siswa. Kelayakan dari ahli desain 83% dengan kategori layak, kelayakan dari ahli bahasa 96% dengan kategori layak, kelayakan dari ahli materi 95% dengan kategori layak, serta dengan efektifitas pretest dengan skor 62,72 dan pretest dengan skor 86,59. Berdasarkan hasil keseluruhan oleh validator maupun siswa dinyatakan layak untuk di implementasikan dalam proses belajar siswa secara mandiri.
PGSD23/019 | PGSD23/019 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain