CD-ROM
Pengembangan Multi Media Interaktif Pada Pelajaran Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV SDN Aren Jaya I Bekasi
Abstrak: Pembelajaran matematika materi bangun datar (Keliling dan Luas Persegi dan Persegi
Panjang) di Sekolah Dasar adalah pembelajaran yang membangun dan mengembangkan keterampilan
berpikir logis, rasional, sistematis dan kritis. Melalui konsep bangun datar, siswa dapat membangun
makna dari pesan-pesan yang ditimbulkan dalam komunikasi pada kegiatan pembelajaran, seperti
lisan, tulisan, dan bentuk (grafik). Namun, pembelajaran matematika sangat sulit dipahami oleh siswa
sekolah dasar, hal tersebut dikarenakan konsep matematika yang abstrak. Berdasarkan data penelitian
ditemukan permasalahan yang sama pada siswa kelas IV di SDN Aren Jaya 1 Bekasi, yaitu siswa sulit
memahami materi Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang. Penelitian ini bertujuan
menyediakan media pembelajaran matematika yang dapat membantu siswa dalam memahami materi
Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
ADDIE (Analysis, Desaign, Development, Impelementasi and Evaluation). Media yang
dikembangkan dapat dinyatakan layak dan valid berdasarkan hasil nilai rata-rata dari validator bahasa
yang mendapatkan nilai 80%, validator media 81%, dan validator materi 80,84%. Hasil pemahaman
siswa terhadap materi Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang mengalami peningkatan dengan
rata-rata nilai 55,9 menjadi 83,75.
Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Materi Keliling dan Luas Bangun Datar, Multimedia
Interaktif
PGSD23/020 | PGSD23/020 | Prodi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain