Text
Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi materi sifat sifat cahaya kelas IV SDN Malaka Sari 03 Jakarta
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menciptakan produk media pembelajaran berbasis video animasi pada materi sifat-sifat cahaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan mengunakan model Borg & Gall. Namun peneliti melakukan modifikasi dari model tersebut menjadi tujuh langkah penelitian, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) Mengumpulkan informasi , (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi poduk. Subjek uji pelaksanaan sebanyak 30 peserta didik. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa media pembelajaran video animasi memperoleh presentase validasi ahli materi sebesar 93% dengan kategori sangat layak. sedangkan untuk validasi ahli media sebesar 78% dan validasi ahli bahasa 95%. Selanjutnya terdapat hasil uji coba produk. Pada uji coba produk dilakukan dengan skala besar. Hasilnya nilai rata-rata sebelum diterapkan media video animasi (pre-test) diperoleh sebersar 81%. sedangkan untuk nilai rata-rata setelah diterapkan media video animasi (post-test) diperoleh sebesar 89.6% dengan diperoleh nilai hasil belajar peserta didik yang melampaui KKM diatas skor 75. Maka terdapat peningkatkan hasil belajar sehingga media video animasi layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar.
PGSD23/001 | PGSD23/001 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain