Text
Implementasi Business Model Canvas Terhadap Inovasi Produk Automatic Aquatic Pet Feeder With Internet Of Things (IOT)
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan perancangan business model
canvas (BMC) terhadap inovasi produk automatic aquatic pet feeder with internet of
things (IoT) melalui hasil jawaban dari responden yaitu pemilik budidaya ikan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh
melalui kuesioner dengan responden berdasarkan teknik purposive sampling dan
mendapatkan data sebanyak 100 responden. Adapun kriteria responden dalam
penelitian ini yaitu pemilik budidaya ikan dan berlokasi di DKI Jakarta. Hasil penelitian
ini perancangan sembilan komponen business model canvas terhadap inovasi produk
automatic aquatic pet feeder with internet of things (IoT) adalah Customer Segment
adalah pembudidaya ikan; Value Proposition dapat memberikan nilai produk yang
unggul; Channel mengenalkan keunggulan inovasi produk melalui promosi media
sosial; Customer Relationship memberikan forum diskusi melalui media sosial untuk
membangun hubungan dengan customer; Revenue Streams adanya pemasukan sumber
pendapatan; Key Resources menggunakan sumber daya teknologi perangkat hardware
dan software; Key Activities dalam penyaluran inovasi produk dapat dilakukan melalui
ecommerce; Key Partners mengadakan kerjasama dengan pemasok atau supplier; Cost
Structure membutuhkan biaya pemeliharaan dan biaya pembangunan.
Kata Kunci: Bisnis Model Canvas (BMC), Inovasi, Pemilik Budidaya Ikan
AKU23/023 | AKU 23/023 | Prodi Akuntansi (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain