Text
Pengaruh Ukuran Perusahaan Leverage dan Corporate Social Responsibility Terhadap Manajemen Laba
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan,
leverage dan corporate social responsibility terhadap manajemen laba. Populasi dalam
penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
tahun 2019-2020. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang
diperoleh dari Bursa Efek Indonesia atau www.idx.co.id. Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sebanyak 159
perusahaan dengan data akhir berjumlah 120 perusahaan. Manajemen laba diukur
menggunakan modified Jones model. Ukuran perusahaan diukur menggunakan
LogNatural(Total Aset). Leverage diukur menggunakan Debt to Asset Ratio. CSR
diukur menggunakan Corporate Social Responsibility Index G4. Teknik analisis data
dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program
IBM SPSS Statistic Versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh
signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur, hal ini berarti
semakin meningkatnya ukuran perusahaan maka semakin meningkat pula praktik
manajemen laba. Leverage dan corporate social responsibility tidak berpengaruh
signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur, hal ini berarti
semakin meningkat atau menurunnya leverage dan corporate social responsibility
maka tidak ada pengaruh terhadap praktik manajemen laba.
Kata kunci : Manajemen laba; ukuran perusahaan; leverage; corporate social
responsibility.
AKU23/007 | AKU 23/007 | Prodi Akuntansi (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain