Text
Perancangan Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Entitas
Lembaga Pendidikan di Indonesia pada saat ini sedang mengalami
perkembangan dan tantangan yang besar di era globalisasi, kondisi tersebut dapat
berdampak pada persaingan yang ketat antar institusi. SMP Abdi Bangsa sebagai salah
satu Lembaga Pendidikan berinisiasi untuk memiliki sistem pengukuran kinerja yang
tepat dan terukur. Alat ukur yang akan digunakan adalah balanced scorecard. Penelitian
ini bertujuan untuk membantu menerjemahkan dan memetakan visi, misi dan tujuan
sekolah kedalam tujuan strategis, dengan menentukan sasaran, ukuran strategis sebagai
tahapan dalam melakukan perancangan Balanced Scorecard (BSC). Data diperoleh dari
wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Pengukuran kinerja dengan metode BSC
didasarkan pada empat perspektif, yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan
pertumbuhan dan pembelajaran. Dari tahapan yang telah dilakukan berdasarkan
keempat perpektif tersebut, dihasilkan rancangan BSC SMP Abdi Bangsa sebagai
pedoman dalam melakukan pengukuran kinerja. Rancangan pengukuran kinerja dengan
Metode BSC terdiri dari beberapa indikator dari setiap perspektif, yaitu perspektif
keuangan menggunakan tiga indikator value for money, diantaranya rasio ekonomis,
rasio efektivitas dan rasio efisiensi. Perspektif pelanggan menggunakan indikator
tingkat kualitas layanan dan tingkat kepuasan pelanggan. Perspektif proses bisnis
internal menggunakan indikator inovasi, proses dan layanan purna jual. Perspektif
pertumbuhan dan pembelajaran menggunakan indikator kepuasan pegawai dan
kemampuan sistem informasi. Penelitian ini juga membantu untuk melakukan uji coba
penilaian kinerja dengan menggunakan rancangan BSC tersebut, dan hasilnya
menunjukkan bahwa pada perspektif keuangan di periode 2020-2021 dalam kategori
rasio yang baik dengan tingkat kinerja sebesar 66,67%, pada perspektif pelanggan
menunjukkan kategori baik karena pelanggan merasa puas terhadap pelayanan yang
diberikan oleh SMP Abdi Bangsa. Selain itu, kinerja pada perspektif proses bisnis
internal menunjukkan hasil yang sangat baik dengan pencapaian skor 43 atau setara
dengan 86% dari skor total yaitu 50 atau setara dengan 100%. Dan terakhir perspektif
pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan kategori baik
AKU23/008 | AKU 23/008 | Prodi Akuntansi (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain