CD-ROM
Pengembangan Media Game Edukasi Berbasis Android Pada Muatan Matematika Materi Kubus dan Balok di Kelas V MI-Al Manar
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game pembelajaran yang dapat
digunakan sebagai media dan sumber belajar dalam pembelajaran matematika bagi siswa
SD kelas V, khususnya pada pembelajaran materi kubus dan balok.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembagan (Research and
Development). Pengembangan Game edukasi dilakukan dengan Langkah-langkah desain
system pembelajaran menurut Dick and Carey. Validasi dilakukan oleh dua orang ahli
desain dan dua orang ahli materi matematika. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas
V MI Al-manar Cawang. Uji coba terdiri dari tiga tahap yaitu : uji coba perorangan, uji
coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Data dikumpulkan dengan kuisioner. Data
berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk dan saran untuk merevisi produk yang
selanjutnya dianalisis secara deskriptif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk game yang dikembangkan layak
digunakan sebagai media pembelajaran khususnya materi kubus dan balok di MI AlManar kelas V. Hal ini dibuktikan oleh (1) hasil penilaian dari ahli desain I menilai
“sangat valid” dengan rata-rata skor sebesar 92%; (2) hasil penilaian dari ahli desain II
menilai “sangat valid” dengan rata-rata skor sebesar 82%; (3) hasil penilaian dari ahli
materi matematika I menilai “cukup valid” dengan rata-rata sebesar 60%; (4) hasil
penilaian dari ahli materi matematika II menilai “valid” dengan rata-rata skor sebesar
65.45%; (5) hasil penilaian dari uji coba perorangan menilai “sangat valid” dengan skor
rata-rata sebesar 95.33%; (6) hasil penilaian dari uji coba kelompok kecil menilai “sangat
valid” dengan skor rata-rata sebesar 92%; (7) hasil penilaian dari uji coba lapngan
menilai “sangat valid” dengan skor rata-rata sebesar 88.25%.
Kata kunci: pengembangan edukasi, android, matematika, dick and carey
PGSD23/011 | PGSD23/011 | Prodi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain