CD-ROM
Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa di Kelas V Sekolah Dasar
Ditemukannya permasalahan dalam kelas yaitu siswa yang kurang tertarik dengan
kegiatan pembelajaran dan kurangnya media pembelajaran yang interaktif,
pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif ini diharapkan siswa dapat
tertarik dengan kegiatan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan
hasil belajar kognitif dapat meningkat. Subjek penelitian di kelas V SDN Karang Anyar
03 Pagi dengan jumlah siswa 31 orang. Validasi dilakukan oleh ahli (ahli desain dan ahli
materi), guru kelas, dan siswa secara perorangan (3 siswa), kelompok kecil (10 orang),
dan uji coba lapangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan
(R&D) dengan model Dick & Carey yang meliputi 10 langkah. Hasil dari penelitian ini
yaitu oleh ahli desain sebesar 89,4%, ahli materi 84,6%, guru kelas V 82,4%, dan siswa
sebesar 93,5% dengan kategori sangat layak. Dan hasil belajar kognitif siswa dilihat dari
hasil pre-test dan post-test, dimana nilai rata-rata dari hasil tes mengalami kenaikan
dengan hasil pre-test 60,6 dan hasil post-test 80,3, dengan N-Gain mendapatkan nilai
sebesar 0,5 yang masuk dalam kategori sedang. Berdasarkan data tesebut dapat
disimpulkan bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif layak dan efektif untuk
digunakan dalam pembelajaran tematik kelas V sekolah dasar.
Kata kunci: Media pembelajaran, powerpoint interaktif tematik, kelas 5 sekolah dasar.
PGSD23/025 | PGSD23/025 | Prodi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain