Text
Pengaruh Pemasaran Digital, Orientasi Pasar, Kompetensi Kewirausahaan, Karakteristik Kewirausahaan terhadap Kinerja UMKM Pada Usaha Pakaian Di Bogor
Sektor ekonomi kreatif memiliki peran penting dalam menggerakan roda perekonomian. Hal in menjelaskan bahwa ekonomi kreatif terus memberikan peningkatan yang signifikan. Produk tekstil atau pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Namun, meskipun menjadi kebutuhan primer tidak menjamin bahwa menjalankan usaha di bidang pakaian menjadi sesuatu yang mudah. Masih banyak pelaku usaha di bidang pakaian yang belum mampu mempertahankan usahanya untuk terus bersaing dalam ekosistem UMKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemasaran digital, orientasi pasar, kompetensi kewirausahaan, karakteristik kewirausahaan terhadap kinerja UMKM pada usaha pakaian di Bogor. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang telah terpilih menggunakan teknik estimasi maksimum likehood (ML). Model penelitian yang dilakukan merupakan Structural Equation Modelling dengan menggunkaan SMART PLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh pemasaran digital dan orientasi pasar berpegaruh positif signifikan terhadap kinerja UMKM, namun kompetensi kewirausahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kineja UMKM dan karakteristik kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja UMKM.
SKR22/020 | SKR 22/020 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain