Text
Psikolologi perkembangan anak usia dini
Psikologi dapat didefinisikan secara singkat sebagai ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan hubungan-hubungan antar manusia. Sedangkan psikologi perkembangan anak usia dini adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji dan meneliti proses perkembangan mental, perilaku, dan fisik anak antara usia 0-8 tahun. Psikologi perkembangan membahas perkembangan psikis pada manusia sejak berusia bayi hingga masa tua. Perkembangan psikologi manusia dapat dibagi menjadi empat kelompok, yaitu psikologi anak, psikologi pemuda, psikologi dewasa dan psikologi orang tua. Psikologi anak sudah mencakup masa bayi.
Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini merupakan suatu komponen penting yang harus diketahui seorang guru PAUD. Dengan mempelajari psikologi perkembangan maka guru akan dapat memahami bagaimana menyikapi perilaku atau karakter yang berbeda tersebut. Pemahaman guru yang benar terhadap perkembangan anak usia dini akan menuntun guru membuat desain pembelajaran yang cocok dengan perkembangan anak. Pembelajaran berbasis perkembangan anak akan menghasilkan pembelajaran yang maksimal.
Pembelajaran yang tidak memperhatikan perkembangan anak akan membuat anak bosan atau frustrasi. Jika anak bosan dan frustasi, para guru juga akan tertular rasa bosan dan frustasi juga ketika mengajar. Dasar pikir ini yang menjadikan pengetahuan tentang perkembangan anak usia dini merupakan salah satu komponen dari kompetensi pedagogik seorang guru.
23/037 | 372.21 MAS p | Prodi PGPAUD | Tersedia |
23/038 | 372.21 MAS p | Prodi PGPAUD | Tersedia |
23/039 | 372.21 MAS p | Prodi PGPAUD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain