Text
Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Batik Semar
Salah satu usaha batik yang berasal dari kota Solo yakni Batik Semar, batik yang berdiri sejak
1947 yang sebelumnya menggunakan nama Batik Bodronoyo yang tak lain adalah nama dari
semar itu sendiri. Namun karena Semar lebih dikenal dimasyarakat umum makan dipakailah nama
tersebut “Batik Semar” tersebut pada tahun 1966 dan hingga saat ini. Dengan berbagai motif batik
tulis yang klasik, modern dan elegan yang ditawarkan oleh Batik Semar membuat Batik Semar
mengikat hati pelanggan. Hal ini tersebut kian mendukung batik untuk masuk dalam dunia
model/fashion khususnya pengguna kain batik dalam bentuk pakaian, seperti kemeja pria dan
berbagai macam pakaian wanita, mulai dari kemeja, blouse, drees, rok hingga gaun pesta dan
menyediakan batik untuk anak anak atau couple/pasangan dan hingga accessories untuk oleh-oleh
atau souvenier sehingga konsumen bisa memilih batik sesuai selera masing-masing dengan
demikian dapat manambah peminat Batik Semar. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan
metode kuantitatif. Metode kuantitatif adalah suatu metode yang bertujuan untuk menjelaskan
hubungan atau pengaruh yang teratur, meramalkan, dan mengontrol berdasarkan data yang
diperoleh dari laporan-laporan yang sudah dipublikasikan dan sudah tersedia. 1)Kualitas Produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk yang dilakukan pembeli
dalam membeli produk batik semar. 2) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Keputusan Pembelian Produk yang dilakukan pembeli dalam membeli produk batik semar. 3)
Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk yang dilakukan
pembeli dalam membeli produk batik semar. 4) Inovasi Produk berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Keputusan Pembelian Produk yang dilakukan pembeli dalam membeli produk batik
semar.Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, dari keempat variabel tersebut di atas,
variabel Inovasi Produk merupakan variabel yang memiliki pengaruh positif paling besar dan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk yang dilakukan pembeli dalam
membeli produk batik semar
SKR23/076 | SKR 23/076 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain