Text
Penerapan Metode Target Costing Sebagai Alat Bantu Manajemen Untuk Meminimalisir Biaya Proses Produksi Perusahaan: Studi Kasus Pada Usaha Pakaian A and R Collections
Penelitian ini dilakukan untuk perancangan biaya suatu perusahaan dengan
menggunakan metode target costing. Dengan menerapkan strategi tersebut,
perusahaan dapat meningkatkan efisiensi biaya pada biaya produksi agar
menghasilkan produk yang mampu bersaing di pasar. Target costing merupakan
metode perhitungan biaya produksi yang akan dikeluarkan oleh perusahaan supaya
dapat meningkatkan keuntungan yang diperoleh perusahaan. Sebelum mentukan
target costing, perusahaan terlebih dahulu melakukan analisis kekuatan,
kelemahan, peluang (analisis SWOT) dan ancaman serta dilakukan mapping
dengan menggunakan matriks SWOT.
Penelitian ini menggunakan metode analisa deskripsi berbentuk studi kasus
yang meneliti objek secara langsung. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan
cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh peneliti
adalah data primer dan sekunder. Penelitian ini berfokus pada 2 jenis produk A and
R Collection yang penjualannya lebih banyak dibanding jenis produk yang lainnya,
yaitu kardigan spandek korea dan kardigan rajut korea.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, dengan menerapkan target
costing dapat menurunkan biaya produksi dengan melakukan rekayasa nilai (value
engineering) agar sesuai dengan biaya yang ditargetkan dan bukan dengan
menaikkan harga jual atau menurunkan kualitas produk. Rekayasa nilai yang
dilakukan adalah mencari alternatif supplier yang menawarkan harga bahan baku
lebih murah dengan kualitas sama dengan standar perusahaan, mengurangi biaya
atas pengiriman dari tempat asal ke gudang dan setelah jadi dikirimkan ke toko,
mengurangi pekerja yang mengantar istri pak arifin ke toko karna hal tersebut bisa
digantikan pak arifin, serta memindahkan lokasi toko ketempat yang lebih strategis
agar dapat meningkatkan penjualan
AKU23/072 | AKU 23/072 | Prodi Akuntansi (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain