Text
Pengaruh Beban Kerja terhadap Produktivitas Pemandu Kapal yang Dimediasi oleh Kerja dan Stres Kerja
Pemanduan kapal merupakan aspek vital dalam industri maritim yang
memastikan keselamatan dan efisiensi transportasi laut. Penelitian ini berfokus
pada pengaruh beban kerja terhadap produktivitas pemandu kapal dengan
mempertimbangkan peran kelelahan kerja dan stres kerja sebagai faktor pemediasi.
Di Indonesia, negara kepulauan terbesar, pemanduan kapal memiliki peran krusial
dalam menjaga kelancaran arus lalu lintas kapal di perairan nasional. Pengetahuan
dan pengalaman khusus pemandu kapal sangat diperlukan dalam navigasi perairan
kompleks dan berbahaya.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan
41 responden pemandu kapal di pelabuhan Balikpapan pada tahun 2023. Data
dikumpulkan menggunakan kuesioner, dan analisis data dilakukan dengan teknik
analisis jalur menggunakan SPSS versi 23 untuk Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Terdapat pengaruh signifikan
antara beban kerja dan kelelahan kerja dengan nilai t-hitung 15,669 dan tingkat
signifikansi 0,000. (b) Terdapat pengaruh signifikan antara beban kerja dan stres
kerja dengan nilai t-hitung 10,865 dan tingkat signifikansi 0,000. (c) Tidak
terdapat pengaruh signifikan antara beban kerja dan produktivitas dengan nilai thitung
-0,547 dan tingkat signifikansi 0,588. (d) Terdapat pengaruh signifikan
antara kelelahan kerja dan produktivitas dengan nilai t-hitung -2,076 dan tingkat
signifikansi 0,045. (e) Terdapat pengaruh signifikan antara stres kerja dan
produktivitas dengan nilai t-hitung -2,649 dan tingkat signifikansi 0,001. (f)
Kelelahan kerja berperan sebagai mediator antara beban kerja dan produktivitas
dengan nilai z-hitung -2,065 dan tingkat signifikansi 0,039. (g) Stres kerja
berperan sebagai mediator antara beban kerja dan produktivitas dengan nilai zhitung
-2,046 dan tingkat signifikansi 0,041.
Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang kompleksitas
hubungan antara beban kerja, kelelahan kerja, stres kerja, dan produktivitas
pemandu kapal. Hasil ini diharapkan dapat berkontribusi dalam mengoptimalkan
kinerja pemandu kapal dan menjaga keamanan serta efisiensi transportasi laut di
Indonesia.
TES23/038 | TES 23/038 | Prodi Magister Manajemen | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain