Text
Pengaruh Pengakuan Profesional, Pelatihan Profesional, Nilai-Nilai Sosial dan Pertimbangan Pasar Kerja Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Berkarir Sebagai Akuntan Pendidik
Sektor pendidikan yang merupakan salah satunya sektor yang dapat meningkatkan pembangunan ekonomi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari empat variabel independent, yaitu pengakuan profesional, pelatihan profesional, nilai – nilai sosial dan pertimbangan pasar kerja terhadap minat mahasiswa akuntansi berkarir sebagai akuntan pendidik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sejumlah mahasiswa akuntansi S1 yang masih aktif angkatan 2017 di wilayah Jakarta Selatan. Teknik pengumpulan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner melalui google form dan diperoleh sebanyak 100 responden. Metode analisis penelitian ini menggunakan bantuan perangkat SmartPLS 3.3.3.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengakuan profesional, pelatihan profesional, nilai – nilai sosial dan pertimbangan pasar kerja terhadap minat mahasiswa akuntansi berkarir sebagai akuntan pendidik secara bersama – sama mempengaruhi sebesar 78,7% dan sisanya sebesar 21,3% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini yang ditujukan oleh nilai r-square sebesar 0,787. Dalam uji path coefficients, t-statistik dan p-values menunjukan bahwa pengakuan profesional, pelatihan profesional, nilai – nilai sosial dan pertimbangan pasar kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi berkarir sebagai akuntan pendidik.
AKU23/080 | AKU 23/080 | Prodi Akuntansi (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain