Text
Pengaruh Sanksi Pajak, Motivasi, Sosialisasi dan Penerapan E-Filing, Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM (Studi Kasus UMKM Tanah Abang)
Dalam rangka meningkatkan pendapatan negara dalam sektor pajak, pemerintah
meminta dukungan dari wajib pajak UMKM melalui kepatuhan wajib pajak
UMKM dalam hal pembayaran dan pelaporan SPT. Rasio SPT dari tahun 2017
sampai dengan tahun 2020 tidak mencapai target sehingga dapat dirumuskan dalam
penelitian ini bahwa adanya pengaruh yang dapat meningkatkan kepatuhan wajib
pajak UMKM berdasarkan adanya sanksi pajak, motivasi, sosialisai pajak dan
penerapan e-filing. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh
sanksi pajak, motivasi, sosialisai pajak dan penerapan e-filing terhadap kepatuhan
wajib pajak UMKM.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan metode random
sampling. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner. Pengambilan kuesioner
dilakukan di Pasar Tanah Abang dan responden dalam penelitian ini sebanyak 110
orang. Variabel independen diformulasikan dan diuji menggunakan Outer Model
dan Inner Model pada aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
sanksi pajak tidak berpengaruh dan signifikan sedangan motivasi, sosialisasi pajak
dan penerapan e-filing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan
wajib pajak UMKM.
AKU23/089 | AKU 23/089 | Prodi Akuntansi (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain