Text
Penggunaan Media Loose Part Pada Kegiatan Berhitung Anak Kelompok B TK Perintis Cipanas
Pembelajaran matematika selama ini dianggap pembelajaran yang sulit, apalagi ketika matematika diajarkan pada anak usia dini. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya sarana dan pembelajaran yang monoton. Untuk melaksanakan pembelajaran matematika dan kegiatan berhitung khususnya di PAUD membutuhkan media, pemilihan metode dan pendekatan yang sesuai, agar pelaksanaan pembelajaran bagi anak didik menjadi lebih bermakna dan menyenangkan.Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media loose part dalam menarik minat anak didik untuk belajar berhitung sederhana di kelompok B TK Perintis Cipanas serta untuk mengetahui cara penggunaan media loose part pada pembelajaran berhitung sederhana di kelompok B TK Perintis Cipanas. Kegiatan pembelajaran berhitung dengan menggunakan media loose Part ini menumbuhkan rasa ingin tahu yang besar dan lebih menarik minat peserta didik. Loose part juga membuat pembelajaran lebih menantang dan bermanfaat. Sesuai dengan tujuan kegiatan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan berbagai macam loose part. Kegiatan ini juga untuk memberi pengalaman pada anak bagaimana belajar matematika sederhana terutama berhitung dengan menggunakan media loose part. metode pembelajarannya yang dipakai penulis saat magang diantaranya metode bercerita, tanya jawab, dan metode demonstrasi. Dari rangkaian pelaksanaan kegiatan magang yang penulis lakukan penggunaan media loose part telah membuat anak tertarik dan bersemangat saat mengikuti pembelajaran berhitung dan membuat anak menjadi lebih kreatif dan eksploratif dalam mengembangkan rasa ingin tahu, serta memecahkan masalah sederhana yang ditemui saat kegiatan berhitung Tulisan ini bisa menjadi referensi praktek pembelajaran yang inovatif yang mampu meningkatkan kemampuan matematika sederhana pada anak usia dini seperti membilang, mengkatagorikan konsep ukuran banyak sedikit benda, menghitung jumlah benda
PAUD23/012 | PAUD23/012 | Prodi PGPAUD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain