PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI

  • Beranda
  • E-Library
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • E-Resources
    Trilogi Free Journal Perpustakaan Nasional
      E-Resources Perpusnas Indonesia OneSearch
    Gale
      Business & Economic Science & Engineering Social & Humanities
  • Area Member
    Masuk Form Pengunjung
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

Perancangan Komik Strip Sebagai Media Edukasi Pola Makan Sehat

Samantha Triana Putri - Nama Orang - Pengarang Utama; Ratih Mahardika - Nama Orang - Pembimbing;

Makan adalah salah satu kebutuhan utama semua makhluk hidup. Mengkonsumsi makan pun memiliki pola atau aturan sendiri seperti sehari dibutuhkan berapa kali makan, waktu kapan saja untuk mengkonsumsi makanan, makanan seperti apa yang harus dikonsumsi dan lainnya. Mengkonsumsi makanan tidak bisa dilakukan secara berantakan atau tidak teratur seperti makan berlebihan atau kurang, makan diwaktu kapan pun, masak terlalu cepat atau lama, semua makanan dimakan dan lainnya. Jika makan tidak diatur akan menimbulkan berbagai penyakit salah satunya Obesitas, Diabetes, Anemia. Kemudian penyakit tersebut lebih sering dialami oleh orang berusia 10-14 tahun dikarenakan tidak melakukan pola makan yang tidak sehat seperti tidak sarapan, sering mengkonsumsi makanan lemak tinggi, sering mengkonsumsi makanan manis yang berlebihan, sering mengkonsumsi fast food, sering memakan jajanan dengan zat berbahaya dan lainnya.
Dilihat dari permasalahan tersebut dibutuhkan edukasi tentang permasalahan kurangnya pola makanyang sehat dan bisa diterima target audiens. Lalu hampir semua orang sebelumnya sudah diberikan edukasi oleh Pendidikan formal tentang pola makan yang sehat tetapi tidak semua orang bisa menerima dan menerapkan semua illmu yang didapat dari Pendidikan formal. Karena itu dibutuhkan edukasi yang berbeda dari Pendidikan formal untuk bisa diterima oleh target audiens dan edukasi tersebut dalam media komik strip digital. Alasan menggunakan komik karena disesuaikan dengan selera target audiens sehingga tidak terkesan formal dan lebih santai. Alasan memilih komik strip karena jenis komik ini tidak memiliki banyak panel dibandingkan jenis komik lainnya sehingga penjelasan informasi lebih mudah. Kemudian alasan memilih dalam bentuk digital karena jika dalam bentuk digital dapat dibaca dimana pun dan dalam waktu kapan pun
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode double diamond oleh british design council yang dimana berisikan 4 tahap dalam penelitian yaitu discover, define, develop, deliver. Tahap discover yaitu sebagai tahap untuk mencari data permasalahan tentang permasalahan topik penelitian ini yaitu tentang pola makan sehat yang kurang. Tahap define sebagai penentuan konsep perancangan seperti membuat mind map ,moodboard, narasi,penentuan latar. develop sebagai tahap pengembangan dari konsep-konsep yang dilakukan di tahap define seperti membuat strategi komunikasi dan strategi visual. Untuk
2
strategi komunikasi menentukan untuk siapa kah perancangan ini dikomunikasin, bagaimana genre cerita yang dapat diterima target audiens dan platform apa yang biasa digunakan target audiens. Untuk strategi visual menentukan seperti apa visual yang ditentukan untuk perancangan komik ini, menentukan karakter untuk menghidupkan cerita pada komik, bagaimana tipografi untuk judul komik dan isi komik, bagaimana jalan cerita komik, bagaimana proses komik seperti sketsa, line art, pewarnaan, dan pengisian dialog. terakhir adalah deliver sebagai hasil akhir dari perancangan yang telah dilakukan dan sudah siap disebarkan kepada target audiens
Kemudian hasil dari perancangan ini adalah dikomunikasikan untuk usia 10-14 tahun, genre pada perancangan komik adalah slice of life dan komedi, gaya visual pada perancangan ini adalah kartun, tipografinya adalah wildword dan Berlin SANS FB demi, jalan cerita pada perancangan ini adalah maju bergerak urut dari awal sampai akhir. platform untuk menyebarkan hasil perancangan adalah Instagram dan WhatsApp. Alasan memilih Instagram karena saat ini platform Instagram sudah sering digunakan untuk pembelajaran disekolah sehingga target audiens terbiasa menggunakan plafrom tersebut dan alasan WhatsApp karena menurut penelitian dilakukan penulis WhatsApp juga sering digunakan pada target audiens


Ketersediaan
DKV23/024DKV 23/024Prodi Desain Komunikasi VisualTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
DKV 23/024
Penerbit
Jakarta : Universitas Trilogi., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
DKV
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Samantha Triana Putri
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNIVERSITAS TRILOGI merupakan Pusat Informasi dan sumber belajar yang mempunyai fungsi utamanya adalah menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. 

1. Membantu terlaksananya pendidikan dan pengajaran yang menuju suatu keahlian professional 

2. Menyediakan koleksi yang memadai demi terlaksananya penelitian terapan 

3. Menjadikan koleksinya sebagai penunjang pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik