Text
Peran customer profitability analysis terhadap peningkatan profit rumah sakit umum daerah Pagaralam menggunakan metode activity based costing
Dunia usaha yang semakin kompetitif saat ini menyebabkan setiap perusahaan, baik jasa maupun manufaktur, berusaha menerapkan strategi terbaiknya untuk menarik konsumen. Salah satu perusahaan jasa yaitu rumah sakit. Tantangan yang dihadapi rumah sakit berkaitan dengan laba yang diperoleh dan tanggung jawab rumah sakit sebagai kegiatan sosial. Rumah sakit memerlukan laba untuk tetap bisa menjaga keberlangsungan dari rumah sakit itu sendiri. Rumah sakit membutuhkan suatu cara dalam peluang mengoptimalkan pendapatan dan laba, salah satunya dengan mengetahui profitabilitas yang akan diperoleh dari pelanggan atau pasiennya. Masing-masing rumah sakit memiliki jenis atau golongan pelanggan atau pasien yang berbeda-beda. Objek pada penelitian ini, yaitu Rumah Sakit Umum Daerah Pagaralam yang memiliki beberapa golongan pelanggan, antara lain pasien dinas, pasien non dinas, pasien umum, dan pasien Ikatan Kerja Sama. Profitabilitas pelanggan dapat diketahui atau diperoleh dengan melakukan analisis profitabilitas pelanggan. Rumah skit harus memiliki informasi biaya pelanggan dalam melakukan analisis profitabilitas pelanggan. Dalam memperoleh informasi biaya pelanggan yang akurat, dalam hal ini unit cost per tindakan, diperlukan penggunaan sistem perhitungan biaya yang sesuai. Unit cost yang dihasilkan akan digunakan untuk menentukan profitabilitas pelanggan. Sistem perhitungan biaya yang digunakan yaitu Activity Based Costing. Penggunaan metode Activity Based Costing (ABC) dapat meningkatkan pendekatan margin kontribusi tradisional dan kualitas pad analisis profitabilitas pelanggan. Tujuan dari penelitian in yaitu menghitung profitabilitas pelanggan atau pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah Pagaralam menggunakan system perhitungan biaya yaitu Activity Based Costing. Profitabilitas dari pasien VIP lebih besar dari pasien kelas 1 dan kelas 2 sedangkan pasien kelas 3 cenderung rugi pada masa perawatan 5 hari sampai dengan 10 hari.
AKU23/093 | AKU 23/093 | Prodi Akuntansi (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain