Text
Perancangan brand identity pada produk jam tangan Awi's Virageawie
Di Indonesia banyak produk jam tangan lokal yang menggunakan bahan material kayu. Brand mato yang merupakan pelopor jam tangan kayu di Indonesia sudah cukup dikenal masyarakat lokal. Melihat potensi lokal tersebut, selain jam tangan berbahan dasar kayu, jam tangan dengan menggunakan bahan dasar bambu juga memiliki peluang yang sama. Salah satu pelopor dari produk jam tangan bambu di Indonesia adalah jam tangan bambu Avi's Virageawie karya Indonesia Bamboo Community (IBC) yang mampu menembus pasar internasional. Produk jam tangan Awi's sendiri tidak jarang mengikuti pameran dari berbagai mancanegara. Dari potensi tersebut, dilihat dari kompetitor serupa, matoa memiliki identitas brand yang baik dan jelas sehingga mampu diingat konsumen sebagai brand jam tangan kayu Indonesia yang memiliki karakteristik yang kuat. Namun, produk jam tangan bambu karya IBC Awi's Virageawie, belum memiliki identitas brand yang jelas, Awi's sendiri pun tidak memiliki Graphic Standard Manual (GSM) yang berisi informasi serta panduan terhada logo tersebut dalam penerapannya di berbagai media. Logotype yang digunakan sebagai identitas produk jam tangan bambu karya IBC ini pun masih sering berubah-ubah atau tidak konsisten. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis beranggapan bahwa produk jam tangan Awi's tidak memiliki identitas brand yang jelas. Sehingga penulis merasa perlu adanya sebuah perancangan brand identity pada produk jam tangan bambu Awi's. Perancangan ini menggunakan metode perancangan Design Methode by Alina Wheeler. Pada perancangan tugas akhir ini, penulis merancang logotype Awi's, tagline, elemen grafis berdasarkan identitas brand yang dibangun. Mempresentasikan produk jam tangan Awi's sebagai produk jam tangan bambu.
DKV19/018 | DKV 19/018 | Prodi Desain Komunikasi Visual (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain